Renungan

Betapa tidak pentingnya rasa dendam

Danbo_Wallpaper_1920x1200_wallpaperhere

Tidak bisa dipungkiri, kita sebagai manusia pastilah memiliki perasaan dendam kepada seseorang. Entah dia teman, saudara, atau bahkan sahabat kita sendiri. Seperti banyak orang bilang, rasa dendam hanya akan membawamu ke jalan yang sesat. Dan dendam memang bukanlah hal yang mudah untuk dihilangkan dari dalam hati kita. Pasalnya, kita harus berpikir secara matang dan stabil. Selain itu, orang pendendam di dunia ini pastilah tidak akan ada yang mau berteman atau bergaul dengannya. Mungkin berikut ini adalah hal untuk menghilangkan rasa dendam-mu yang sudah di pendam lama:

1. Temukanlah sumber dendam

Rasa disakiti atau iri kepada orang lain mungkin merupakan akar dari munculnya rasa dendam. Coba renungkan dan carilah sumber dendam itu dalam hati kita. Setelah menemukannya, coba hilangkan dan buang jauh dendam lama itu.

2. Sadarilah bahwa dendam itu tidak baik bagimu

Coba pikirkanlah apa dampak negatif dari dendam itu sendiri bagi kamu. Apakah hal itu akan membawa kebaikan atau malah membawa bencana bagimu? Bisa saja suatu saat kamu membutuhkan orang itu di saat-saat tertentu. Tapi di satu sisi kamu telah bermusuhan dengannya. Maka apa yang akan kamu lakukan?

3. Dendam membuat ibadahmu tidak diterima

Hal yang satu ini memang ada dalam salah satu hadist: “Orang yang kuat bukan yang banyak mengalahkan orang dengan kekuatannya. Orang yang kuat hanyalah yang mampu menahan dirinya di saat marah.” (HR. Al-Bukhari no. 6114). Selain itu, dalam pelajaran agama dikatakan bahwa apabila kamu telah dendam kepada seseorang lebih dari tiga hari, maka ibadahmu selama 10 hari tidak akan diterima. Astaga.. lihat. Betapa merugikannya apabila kita menyimpan rasa dendam.

4. Ubah hubungan kamu dengan orang yang bikin kamu dendam

Coba maafkan orang yang telah membuat kamu sakit hati dan dendam. Coba bangun hubungan yang baik dengannya dan hapus perlahan dendam tersebut. Hal ini karena dendam merupakan pemicu amarah. Kamu tidak mau kan di tempat umum tiba-tiba kamu marah-marah gak jelas ke orang yg membuat kamu dendam itu? Malu kan? Apa yang orang disekeliling kamu akan pikirkan adalah: “Ada apa dengan anak ini?, “Jangan dekat-dekat dengan dia, dia sepertinya bukan anak baik”, “Astaga, tidak tahu etika di tempat umum benar anak ini”, dan lain-lain. Tidak mau hal ini terjadi ke kamu kan?

5. Tinggalkanlah semua dendam di masa lalu

Cara paling mudah yaitu tinggalkan dendam di masa lalu kamu. Kamu gak perlu mengingat-ngigat lagi apa yag telah dia lakukan pada kamu. Biarkan hal itu menjadi pelajaran untuk kamu dan dia di masa yang akan datang.

Mungkin sekian dulu renungan untuk hari ini. Teman, jangan ada dari kalian yang menyimpan perasaan dendam kepada sesama ya.. Poin ke 3 adalah yang paling utama. Apabila kamu masih merasa berat untuk menghilangkan perasaan itu, kamu bisa beribadah dan memohon bantuan dari-Nya. Ini adalah cara paling efektif untuk dilakukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s