Kuliah

Kuliah di UI? Jadi mahasiswa Kesehatan Lingkungan?

Hai semua

Ini mungkin akan menjadi semacam curhatan, hehehe …

Mau tetap baca? Go ahead!

23369-fkm-ui-patient-centeredness-solusi-benahi-mutu-layanan-rumah-sakit-indonesia

Sekarang gue adalah salah satu mahasiswa Kesehatan Lingkungan(KesLing) di UI *yeay*, salah satu jurusan yang gue idamkan selama gue masih di bangku SMA 79 Jakarta tercinta. Sayangnya, kalian harus tau gue bahkan dulu gak tau KesLing itu masuknya fakultas mana. Yang gue tahu di dalam KesLing gue akan mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan lingkunga *that’s all* hahaha sotoy bgt asli. Bahkan, motivasi terkuat gue untuk mengambil KesLing adalah untuk menyelamatkan lingkungan (habitat) hewan Ailurus fulgens (Red Panda). Tau red panda gak? Yang lucu itu loh.. Sekarang menurut gue sudah famous dia, anak kesayangan gue emang :3. Selain itu yang mendorong gue untuk mengambil KesLing adalah karena gue melihat adanya peluang kerja yang fleksibel di masa mendatang *bisa masuk mana aja coy* dan juga lulusan KesLing masih sedikit, jadinya gue berminat mengejarnya. Gue akan menceritakan pengalaman gue menjalani SBMPTN di postingan lain aja ya hahaha.. disini gue akan fokus kepada apa saja yang telah gue pelajari selama satu semester di kampus perjuangan ini.

1. Kegiatan Maba

Jadi di awal masuk, sebagai mahasiswa baru (maba) gue harus menjalani serangkaian acara yang cukup banyak, mulai dari paduan suara (ini ga boleh di skip ya kawan2, otherwise nanti jaket kuning kalian bakal di tahan untuk beberapa bulan), OKK UI, PSAF, Masa bimbingan, hingga yang paling terakhir, magang di lembaga fakultas (aku sih pilih Envihsa, yang berkaitan dengan jurusan gue). Gue gak perlu bahas satu-satu ya, biar kalian merasakan sendiri nikmatnya jaman maba di FKM hehe. Meskipun keliatannya banyak, gue tetep menjalankan mabim bersamaan dengan perkuliahan seperti biasa. And you know what, ternyata yang gue pelajari bukan literally tentang melestarikan habitat Ailurus fulgens. Loh, jadi belajar apa kalo gitu?

2. Matkul yang kudapat

Orang pasti akan mengira kalo masih baru-baru paling belajar matkul basic yang mirip di SMA, seperti biologi, fisika, pkn, agama, matematika dan lain-lain. Faktanya tidak. Di semester pertama, gue langsung dapet salah satu mata pelajaran yang sks-nya paling banyak yaitu MPKT A (6 sks loh, gak main-main hahaha). Di MPKT A ini kita lebih belajar ke penanaman nilai karakter (etika, filsafat, kebudayaan, ada pkn nya juga, jadi di campur aduk). Disamping itu, karena FKM adalah bagian dari Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), gue juga belajar biologi, khususnya fisiologi dan anatomi manusia yang namanya Ilmu Biomedik Dasar (IBD), apa itu IBD?
IBD adalah mata kuliah yang akan menguras jiwa dan ragamu untuk mendapatkan tulisan ‘lulus’ di UTS/UAS mu karena harus sekelas dengan fakultas kesehatan lainnya seperti kedokteran lohh huahaha. Semangat!

Jadi di IBD ini kita belajar fisiologi dan anatomi manusia yaa karena agar nanti sebagai lulusan FKM, kita punya pengetahuan yang holistik mengenai manusia. Jadi ga belajar tentang interaksinya denhan lingkungan aja, tapi juga paham what really happen inside our body. Yaa gitu lah ya. Terus di matkul yang satu ini, mahasiswa dari Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) akan digabung. Jadi kalian gak ketemu temen dari satu fakultas aja, tapi dari FK, FKG, FIK, FF, dan FKM. Selain MPKT A dan IBD, ada matkul Dasar Kesehatan Masyarakat, dan satu matkul fakultas Kesling, yakni Dinamika Kependudukan. Di dalam Matkul Dinamika Kependudukan, kalian akan mempelajari hal-hal seperti: efek dari perubahan lingkungan terhadap manusia (masih tahap umum), migrasi, efek dari kebanyakan populasi manusia terhadap lingkungan, transisi demografi, penyebaran beberapa penyakit, dan lain-lain. Jadi I would say di FKM meski semester 1, belajarnya udah langsung to the point alias yang dibutuhin oleh mahasiswa.

Nanti di semester tingkat atas, mahasiswa KesLing bakal belajar lebih banyak lagi kok, mulai dari Vektor Penyakit, Food Safety, Limbah Padat dan Cair, dan lain-lain. Don’t worry be happy πŸ˜‰

3. Kesan

Selama gue menjadi mahasiswa KesLing di UI apa saja yang gue rasakan? Hmm… gue merasa kakak2nya pada welcome, lalu gue merasa istimewa karena kalo misalkan lo dari mahasiswa kesmas, denger2 lo harus mendapatkan IP tinggi untuk bisa masuk KesLing *nah kan*. Tidak hanya itu, yang paling penting, selama gue menjadi mahasiswa KesLing gue merasa sebagai departemen yang PALING GABUT. What? Mahasiswa UI gabut? Weeits… jangan melakukan generalisasi dulu. Mungkin ini perasaan gue saja. Di antara jurusan lain di dalam FKM (Kesmas, Gizi, K3, Kesling), gue merasa KesLing adalah yang tergabut.

Gue merasa gabut karena gue belajar siang, lalu 3-5 jam kemudian gue pulang hahaha. Jadi sebenernya kalo mau gue bisa tiap sore udah nyampe rumah *sumpah*. Mungkin gue gabut juga karena gue tidak mengikuti banyak kepantiaan macam Pemira UI, atau yang lain karena gue tidak minat aja sih hehe. Jadi gue lebih memilih pulang, mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, menulis artikel dan mengerjakan lomba blog, atau pacaran (nah lohh). Gue merasa gabut juga mungkin karena bisanya di kelas 3 SMA, gue terbiasa bangun pagi, pulang sore atau maghrib wkwk. Sedangkan sejak gue menduduki bangku kuliah, gue jadi males bangun pagi 😦 lalu gue juga hanya menghabiskan beberapa jam saja di kampus wkwk. Atau hal lain yang membuat gue merasa gabut adalah karena gue mahasiswa baru, jadi tanggung jawabnya masih belum terlalu besar (ndas mu :v hahaha). Tapi gue senang dengan banyak waktu gabut, gue bisa melakukan banyak kegiatan lain yang tidak bisa dikerjakan oleh anak-anak lain yang sibuk *semisal tidur siang, lama-lama di perpus, jalan-jalan ke mall, membaca buku lebih banyak hahaha*. Tapi dengan punya banyak waktu luang,sebenernya bisa dimanfaatin bgt si. Jadi pas jaman maba gue udah sempet ikut lomba internasional ke Swiss. Meski ga menang, tapi experience nya bener2 life changing banget.

4. Pesan

Untuk kamu2 yang bingung di Kesling UI nanti belajar apa aja, jawabannya adalah:

Dirimu akan belajar bagaimana lingkungan (baik biotik maupun abiotik) tidak menimbulkan gangguan pada manusia (atau yang sering di sebut dengan sakit). Gambaran besarnya, nanti akan belajar management makanan (agar orang ga keracunan karena bakteri misal), limbah (baik padat maupun cair), udara, air, tanah, dll. Untuk lebih lengkapnya, saya sarankan ke bagian Akademik FKM untuk lihat list matkul Kesling yang terbaru.

Pesan gue kepada kalian yang mau masuk KesLing UI, kalian harus tentukan tujuan yang jelas kenapa mau memilih KesLing, sehingga nanti apapun yang terjadi kalian tidak boleh menyesal dan ingin pindah ke fakultas lain atau malah pindah kampus (karena beberapa temen gue ada yang mau pindah ke FK, FT, atau kampus lain wkwkwk. Yang ada buang-buang duit cuyyy-_- lo kata buat bayar semester 1-2 di UI gak butuh kerja keras?). Coba baca lebih banyak tulisan review tentang kuliah kesehatan lingkungan kayak apa dan dipertimbangkan juga nanti setelah lulus, kira2 bidang mana aja yang bisa kalian tempati.

*p.s : Ini adalah curhatan versi gue, tidak bermaksud menyindir pihak manapun, jangan baper.

Btw tulisan ini dibuat saat Semester 1 di Kesehatan Lingkungan UI. I’m currently on 7th semester, so feel free to leave any question below and I’ll try to reply asap πŸ˜‰

Advertisements

6 thoughts on “Kuliah di UI? Jadi mahasiswa Kesehatan Lingkungan?

  1. kaak mau nanya dong, kesling UI buka jalur alih jenjang gk ya?
    Aku sekarang lagi kuliah d3 kesling di Surabaya kalo mau lanjut S1 di kesling UI bisa gak ya kak?
    Apa ada jalur pendaftarannya?
    Makasih

    1. Hlo Hefny.
      Setahu aku, Kesling UI jalur masuknya cuma ada tiga, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI. Sedangkan untuk Jalur PPKB dan Talent Scounting dikhususkan untuk siswa SMA yang baru mau masuk ke UI di beberapa jurusan yang ada Pararel-nya, sedangkan di FKM semua masuknya Reguler hehe. Jadi mau ga mau, kamu harus ikut antara SBMPTN atau SIMAK. Kalo mau ‘melanjutkan’, mungkin coba baca-baca jurusan Kesehatan Lingkungan UI Ekstensi hehe πŸ˜€
      Semoga menjawab pertanyaannya yaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s