Kuliah

Kuliah di UI? Jadi mahasiswa Kesehatan Lingkungan?

Hai semua

Ini mungkin akan menjadi semacam curhatan, hehehe …

Mau tetap baca? Go ahead!

23369-fkm-ui-patient-centeredness-solusi-benahi-mutu-layanan-rumah-sakit-indonesia

 

Sekarang gue adalah salah satu mahasiswa Kesehatan Lingkungan(KesLing) di UI *yeay*, salah satu jurusan yang gue kejar-kejar selama gue masih di bangku SMA 79 tercinta *iya kali yaa..*. Lo harus tau gue bahkan dulu gak tau KesLing itu masuknya fakultas mana, gue bahkan tidak mempedulikannya *sumpah*, yang gue ketahui di dalam KesLing gue akan mempelajari berbagai macam yang berkaitan dengan lingkunga *that’s all* hahaha. Bahkan, motivasi terkuat gue untuk mengambil KesLing adalah untuk menyelamatkan lingkungan (habitat) hewan Ailurus fulgens (Red Panda). Tau red panda gak? Yang lcu itu loh.. Sekarang menurut gue sudah famous dia, anak kesayangan gue emang :3 . Selain itu yang mendorong gue untuk mengambil KesLing adalah karena gue melihat adanya peluang kerja yang fleksibel di masa mendatang *bisa masuk mana aja coy* dan juga llusan KesLing masih sedikit, jadinya gue minat dan mengejarnya. Gue akan menceritakan pengalaman gue menjalani SBMPTN di postingan lain aja ya hahaha.. disini gue akan fokus kepada apa saja yang telah gue pelajari selama satu semester di kampus perjuangan ini.

Jadi di awal masuk, sebagai mahasiswa baru (maba) gue harus menjalani serangkaian acara yang cukup banyak, mulai dari paduan suara *ngantri lama buat masuk Balairung*, OKK UI *dengerin seminar dan kakak tingkat neriakin maba yang ketiduran*, PSAF *panas-panasan*, Masa bimbingan *yang paling banyak tugas dan au ah elap .. gue mendapat kelompok yang menyebalkan hahahaaha, nasib gua*, hingga yang paling terakhir, magang di lembaga fakultas *gue milih Envihsa coy, yang berkaitan dengan jurusan gue, meskipun di dalamnya gabut juga njiiirrr hahahahaha enak*. Gue gak usah bahas satu-satu, hahaha gak minat juga. Sambil menjalani mabim itu, gue juga menjalani perkuliahan. Gue tidak mendapatkan matkul seperti yang kalian duga, pasti orang akan mengira kalo masih baru-baru paling belajar yang kayak di SMA, biologi, fisika, pkn, agama,matematika *nah ini gue sebel, gue gak ada pelajaran mtk -_-* dan lalala. No! Salah satu mata pelajaran yang sks-nya paling banyak yaitu MPKT A (6 sks loh, gak main-main hahaha). Di MPKT A ini kita lebih belajar ke penanaman nilai karakter (etika, filsafat, kebudayaan, ada pkn nya juga, jadi di campur aduk) *yang menjadi kata kunci saat masuk UI wkwk*. Gue juga belajar bilogi, namun namanya Ilmu Biomedik Dasar (IBD), apa itu IBD? IBD adalah mata kuliah yang akan menguras jiwa dan ragamu untuk mendapatkan tulisan ‘lulus’ di UTS/UAS mu hahaha *lebay*. Jadi di IBD ini kita belajar fisiologi dan anatomi manusia yaa karena kita lebih berhubungan dengan manusia aslinya kan (?). Yaa gitu lah ya. Terus di matkul yang satu ini, mahasiswa dari Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) akan digabung. Jadi kalian gak ketemu temen dari satu fakultas aja, tapi dari FK *yang biasanya songong, gak ding ..wkwkwk*, FKG, FIK *biasanya anaknya pada baek2 sumpah*, FF, dan dari fakultas gue FKM *fakultas yang gue rasa semua mahasiswanya sangat individualis, songong, suka banget demo dan  mayoritas lebih suka membentuk peer-group, mungkin ini pendapat gue saja hahaha. Gue aja sempat menyesali kenapa KesLing dimasukin di FKM. Kesel sih, kedapetan fakultas yang anak-anaknya gak bisa se-solid kayak anak teknik :””” atau Fisip deh hahaha*. IBD adalah tempat kalian unjuk gigi *lah wkwk*. Selain MPKT A dan IBD, ada matkul Dasar Kesehatan Masyarakat, Komunikasi Kesehatan, dan satu matkul fakultas Kesling, yakni Dinamika Kependudukan. Di dalam Matkul Dinamika Kependudukan, lo akan mempelajari hal-hal seperti: efek dari perubahan lingkungan terhadap manusia *masih tahap umum*, migrasi, efek dari kebanyakan populasi manusia terhadap lingkungan, transisi demografi, penyebaran beberapa penyakit, dan lain-lain. Gue gak tau kenapa, di kelas gue kayaknya mirip dengan ‘tong sampah nyaring bunyinya’ ngerti? Gue kebanyakan omong, komentar sini situ, memberikan pertanyaan *yang sedikit kritis*, tapi pas UAS nilai gue jelek -_- *curhat*. Mungkin gue hanya bermodalkan bacot 😦 Eh gak kok sumpah -_- wkwkwk. Nanti di semester tingkat atas, mahasiswa KesLing *kata kakak tingkat* bakal belajar banyak kok, mulai dari Vektor Penyakit, Food Safety *sepertinya menyenangkan*, Limbah Padat dan Cair, dan lain-lain. Don’t worry be happy 😉

Selama gue menjadi mahasiswa KesLing di UI apa saja yang gue rasakan? Hmm… gue merasa kakak2nya pada welcome *di awal, kesana-kesananya udah pada au ah elap hahaha, kecuali yang lo kenal dekat*, lalu gue merasa istimewa karena kalo misalkan lo dari mahasiswa kesmas, lo harus mendapatkan IP tinggi untuk bisa masuk KesLing *nah kan*, disamping itu, yang paling penting, selama gue menjadi mahasiswa KesLing gue merasa yang PALING GABUT. What? Mahasiswa UI gabut? Weeits… jangan melakukan generalisasi seenak jidat wkwk. Mungkin ini perasaan gue saja. Di antara jurusan lain di dalam FKM (Kesmas, Gizi, K3, Kesling), gue merasa KesLing adalah yang tergabut. Gue merasa gabut karena gue belajar siang, lalu 3-5 jam kemudian gue pulang hahaha. Jadi sebenernya kalo mau gue bisa tiap sore udah nyampe rumah *sumpah*. Mungkin gue gabut juga karena gue tidak mengikuti banyak kepantiaan macam Pemira UI, atau apalah yang lain hahaha. Kenapa? Karena gue mager? Bisa jadi. Karena gue tidak minat aja sih hahaha. Jadi gue lebih memilih pulang, mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, gue menulis artikel dan mengerjakan lomba blog *YEAY, My newest hobby*, atau pacaran *nah lohh*. Gue merasa gabut juga mungkin karena bisanya di kelas 3 SMA, gue terbiasa bangun pagi, pulang sore atau maghrib *lebih lama kan* wkwk. Sedangkan sejak gue menduduki bangku kuliah, gue jadi males bangun pagi 😦 lalu gue juga hanya menghabiskan beberapa jam saja di kampus wkwk. Atau hal lain yang membuat gue merasa gabut adalah karena gue mahasiswa baru, jadi tanggung jawabnya masih belum terlalu besar *ndas mu :v hahaha*. Tapi gue senang dengan banyak waktu gabut, gue bisa melakukan banyak kegiatan lain yang tidak bisa dikerjakan oleh anak-anak lain yang sibuk *semisal tidur siang, lama-lama di perpus, jalan-jalan ke mall, membaca buku lebih banyak hahaha*

Jadi pesan gue kepada kalian yang mau masuk KesLing UI, kalian harus tentukan tujuan yang jelas kenapa mau memilih KesLing, sehingga nanti apapun yang terjadi kalian tidak boleh menyesal dan ingin pindah ke fakultas lain atau malah pindah kampus *ini banyak terjadi saat ini di FKM hahahaha, ada yang mau pindah ke FK, FT, atau kampus lain wkwkwk, buang-buang duit goblok -_- lo kata buat bayar semester 1-2 di UI gak butuh kerja keras? Yaa kalo holang kaya sih beda wkwk. #AkuMahApaAtuh*. Tentukan tujuan kalian, mungkin kalian bisa mempertimbangkan prospek kerja di masa mendatang hehehe… 🙂

*p.s : Ini adalah curhatan versi gue, tidak bermaksud menyindir pihak manapun, jangan baper -_- atau gue gampar-gamparin lo :v

4 thoughts on “Kuliah di UI? Jadi mahasiswa Kesehatan Lingkungan?

Leave a Reply

