Competition

Okinawa, Sepotong Keindahan dari Surga

1345006801000

Waahh .. Jernih banget airnya! Dimana sih ini? 

Kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, Hokkaido, Yokohama merupakan destinasi liburan yang sangat terkenal di Jepang. Namun apakah anda tahu bahwa Jepang masih menyimpan BANYAK tempat wisata yang masih alami dan tentunya indah? salah satu contohnya adalah gambar pantai diatas. Gambar tersebut merupakan salah satu pemandangan pantai yang ada di Okinawa, Jepang. Okinawa adalah salah satu wilayah yang terletak paling selatan di Jepang. Okinawa sendiri terdiri dari ratusan pulau yang disebut dengan Kepulauan Ryukyu sehingga ia membentuk rantaian kepulauan yang panjangnya melebihi 1000 km. Saat ini, Okinawa terkenal akan batuan karang, lautnya yang masih bening, langit yang sangat cerah, serta flora yang ada di dalamnya. Tidak sabar mengetahui lebih mengenai Okinawa yang indah ini?

Satu hal pertama yang akan terlitas dalam benak para traveller yang ingin mengunjungi Okinawa tentu saja transportasi. Bagaimana transportasi menuju Okinawa? Untuk dapat mengunjungi Okinawa, anda dapat menggunakan pesawat selama 2 jam 30 menit, yang nantinya akan mendarat di bandara Naha. Saat ini, terdapat banyak penerbangan dari Haneda, Nagoya, Itami, Kansai, Kobe, Fukuoka, Kagoshima, dan berbagai kota lainnya menuju Naha, bahkan ada juga penerbangan Internasional. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan monorail menuju pusat kota Okinawa.

Pertama, Okinawa menyimpan banyak pulau rahasia dan pantainya yang masih sangat indah dan asri (?)

Gahi-jima

Gahi-jima adalah pulau kecil dengan keindahan pantai yang masih sangat biru dan merupakan bagian dari kepulauan Kerama. Sebelum anda mengunjungi Gahi-jima, ada baiknya anda menyiapkan perbekalan seperti nasi kepal (onigiri), minuman, dan topi karena di pulau ini tidak ada fasilitas dan sedikit pohon untuk bernanung. Untuk mengunjungi pulai Gahi-jima, anda dapat menggunakan Ferry cepat yang tersedia dua hingga tiga kali dalam sehari (¥3140, 50 menit), Ferry biasa (¥2120, 2 jam), atau bahkan anda dapat membuat jadwal perjalanan anda sendiri dengan bantuan Pelabuhan Zamami (¥1500 tiap orang, pulang-pergi)

 

Yoron-to

Yoron-to adalah sebuah pulau kecil di dalam Prefektur Kagoshima yang masih ,empertahankan identitas budayanya didalam perubahan masa-masa modern.Yoron-to memiliki Southern Cross Center yang merupakan museum sejarah budaya dan alam pulau tersebut. Bagi anda pecinta pantai, sekitar 1,5 km tenggara dari Yoron-to, terdapat sebuah pantai kecil bernama Yurigahama. Pantai Yurigahama hanya terlihat ketika air surut dan umumnya hanya muncul sekali dalam sebulan. Yurigahama terkenal karena setiap kali ia muncul, ia akan berubah bentuk. Ketika anda tiba di pantai ini, anda akan menemukan bahwa pasirnya berbentuk seperti bintang. Pasir berbentuk bintang ini merupakan kerang yang termasuk dalam organisme Foraminifera. 

Banyak yang berkata apabila anda mengumpulkan pasir bintang sejumlah umur anda, anda akan diberkahi dengan keberuntungan. Namun anda tidak perlu terburu-buru mengambil banyak pasir, karena terdapat toko souvenir yang menjualnya dalam gelas botol lucu seperti gambar disamping 😉

Tidak hanya Gahi-jima dan Yoron-to, namun Okinawa juga masih menyimpan banyak pulau dan pantai indah lainnya yang dapat anda pilih.

 

Furuzami

 

Snorkeling di Churaumi

Kedua, apabila anda tidak terlalu meyukai berada di bawah matahari, maka kebun-kebun cantik di Okinawa siap menjadi pilihan alternatif anda.

Shikinaen Royal Garden merupakan tempat wisata yang tepat bagi anda yang ingin menikmati semilir angin dan rindangnya pepohonan diTaman ini dibangun untuk menghibur utusan dari Kaisar Cina, pada tahun 1799. Perjamuan penting diadakan di Shikinaen Royal Garden untuk menghibur para utusan dari Cina dan hal ini dianggap sebagai proyek nasional penting untuk menjaga hubungan baik dengan Cina.

Air terjun Hiji juga merupakan salah satu wisata yang direkomendasikan bagi anda yang masih ingin berwisata dan bersenang-senang dengan alam. Air terjun Hiji terletak di Yambaru wilayah utara Okinawa Honto, di mana kepadatan penduduknya masih sangat rendah dan sebagian besar lahan ditutupi oleh hutan alam. Air terjun Hiji dapat diakses dengan mengikuti jalan setapak alami yang mudah dilalui. Pada tahun 2012 jalan setapak yang telah dibuat rusak akibat angin topan, namun dibuka kembali pada April 2013. Salah satu yang menarik dari salah satu lintasan menuju air terjun yakni adanya jembatan gantung yang berjarak 17 meter dari lembah. Namun, jalan setapak tersebut berakhir di Air Terjun Hiji yang menyuguhkan pemandangan yang mengesankan. Suara air yang mengalir dan suasananya yang tenang dari hutan membuat air terjun ini menjadi tempat yang bagus untuk beristirahat. Populasi di daerah Yambaru ini masih tergolong sedikit, sehingga keanekaragaman satwa liar dapat ditemukan disini.

Ketiga, anda dapat mengunjungi beberapa wisata bersejarah dan budaya di Okinawa, seperti istana, kuil, atau bahkan musium. Salah satu tempat bersejarah yang paling terkenal dan merupakan lambang sejarah dari Okinawa adalah Istana Shuri.

Istana Shuri

Istana Shuri dahulu merupakan pusat pemerintahan, diplomasi, dan kebudayaan di Kerajaan Ryukyu. Istana ini merupakan sebuah tempat perlindungan di atas bukit yang terletak setinggi 120-130 meter. Kini, Puing-Puing Istana Shuri yang berdiri di Gusuku ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia ke-11 di Jepang. Di aula utama Istana Shuri anda akan menemukan bangunan terbesar di Okinawa yang dibangun dengan perpaduan unik antara gaya tradisional Jepang dan Cina. Akses menuju Istana Shuri cukup mudah, anda dapat menggunakan monorail dari Bandara Naha lalu turun di stasiun Shuri yang letaknya tidak terlalu jauh dari istana.

Kuil Naminoue

Objek wisata bersejarah lainnya yang perlu anda kunjungi adalah Kuil Shinto Naminoue. Sesuai dengan arti dari nama kuil ini, Naminoue-gu di terjemahkan sebagai kuil di atas gelombang
(laut)
. Selama berabad-abad, kuil ini menjadi tempat beribadah bagi agama Ryukyu. Para raja akan berdoa kepada dewa untuk keselamatan para nelayan dalam berlayar dan berkah mendapatkan ikan. Sayangnya, kuil ini sempat dihancurkan pada tahun 1945. Namun dengan seiringnya waktu berjalan, kuil ini telah dibangun kembali hingga akhirnya kuil ini menjadi kuil utama di pulau Shinto dalam merayakan berbagai perayaan tahunan.

Keempat, Okinawa juga memiliki wisata fauna modern yang sangat menawan berupa aqurium raksasa yakni Akuarium Churaumi.

Akuarium Churaumi

Kekayaan alam, sejarah, dan budaya Okinawa dapat anda temui di Ocean Expo Park, tempat dimana anda juga dapat menikmati penampilan dari lumba-lumba! Di dalam akuarium anda akan disuguhi gambaran kehidupan bawah laut yang beragam. Dengan kapasitas yang sangat besar, tangki raksasa yang disebut The Kuroshio Sea Tank merupakan tangki ikan terbesar di dun
ia seperti hiu paus, dan manta. Akuarium ini merupakan tempat pertama di dunia yang berhasil membiakkan manta yang juga dapat dilihat oleh para pengunjung. 

Selain itu, di dalam akuarium ini anda dapat menemukan pameran koral laut Okinawa yang sangat indah. Kebanyakan koral-koral tersebut telah dibudidayakan selama lebih dari sepuluh tahun di dalam tangki berkuran 300m³ tanpa atap. Untuk menuju akuarium raksasa ini, anda dapat menggunakan Yanbaru Express Bus yang telah terhubung dengan bandara (¥2000 , 2 jam) atau menggunakan bus biasa. Tiket untuk memasuki akuarium ini ¥1850 (¥1290 jika anda masuk setelah pukul 16:00) 😉

Ingin menemukan oleh-oleh khas dari Okinawa? Tsuboya Pottery District merupakan tempat dimana anda dapat belajar bagaimana membuat tembikar khas Okinawa serta membawanya pulang! Hingga saat ini, masih banyak para pembuat tembikar yang masih aktif disini. Apabila anda ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai tembikar Okinawa, anda dapat mengunjungi Museum Tembikar Tsuboya 😉

Lelah berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Okinawa yang menarik dan cantik? Tenang saja, Okinawa juga memiliki banyak makanan khas dan jarang anda temui yang wajib anda coba.

  1. Goya Champuru
Goya-Chanpuru

 

Goya Champuru merupakan makanan khas yang berbahan dasar daging babi. Bahan dasar lainnya yang anda dapat temukan dalam sepiring Goya Champuru adalah labu, tahu, telur, dan pare dengan rasa pahit yang khas.

 

 

2. Okinawa Soba

Okinawa Soba

Okinawa Soba, meskipun tidak berbeda jauh dengan mie tradisional Jepang (mie soba), namun Okinawa Soba lebih kenyal dan tebal. Mie ini disajikan dengan kuah kaldu daging babi, taburan ikan bonito dan konbu, topping iga (soki) yang khas, serta dihiasi dengan acar jahe dan daun bawang. Adanya perpaduan dari beberapa bahan sekaligus ini, tidak hanya memberikan rasa yang tegas, namun juga menjadikan mie ini sebagai sajian khas Okinawa yang banyak digemari.

3. Umi Budo

Umi budo

Umi Budo (anggur laut) merupakan sejenis rumput laut halus yang bentuknya menyerupai sekumpulan anggur. Umi buda disajikan dengan saus ponzu (saus berbahan dasar jeruk nipis) yang akan menciptakan rasa seperti kaviar.

 

 

4. Nasi Taco Okinawa

Nasi Taco

Nasi Taco Okinawa merupakan semangkuk nasi dengan topping sapi yang telah dibumbui, keju, dan salsa. Menu makanan ini merupakan salah satu peninggalan dari para militer AS yang membawa masakan ini ke Okinawa dan saat ini telah menjadi spesialisasi di banyak restoran di seantero Jepang.

 

 

5. Tofuyo

Tofuyo

Tofuyo merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan Okinawa tahu yang direndam dalam Benikoji dan Awamori. Rasanya yang nikmat menjadikan tahu fermentasi ini populer di kalangan bangsawan pada zaman dinasti Ryukyu. Rasanya yang kaya akan keju akan membuat ingin memakan lebih setelah Anda merasakannya karena pada umumnya Tofuyo disajikan dalam bentuk potongan kubus kecil.

Bagaimana? Apakah anda memutuskan untuk travelling di Okinawa? Atau anda bersemangat untuk mengunjungi kota kecil bak surga ini? *sama saya juga :p* Okinawa merupakan paket lengkap dimana anda dapat menikmati banyak tempat wisata alam dan juga tempat bersejarah yang dibalut dalam budaya Jepang yang masih kental dengan sedikit sisi modern. Apabila anda memutuskan untuk berlibur di Okinawa, jangan khawatir. Saat ini jasa travel H.I.S menyediakan paket-paket berlibur ke Jepang yang anda dapat pilih sendiri, bahkan tersedia penerbangan dari Indonesia ke Okinawa! H.I.S. Tours and Travel Indonesia merupakan jasa penyedia Paket Tour Jepang yang Murah, Paket Wisata, Tiket Pesawat, Hotel, JR PASS, Tiket Theme Park, Sewa Wifi dan lainnya (untuk info lebih lanjut, klik: https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia). Saat ini, H.I.S sedang mengadakan kolaborasi dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang yang bernama HAnavi. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Rencanakan liburanmu dengan yang terpercaya 😉

 

p.s : Hai teman-teman. Kalian ingin berkesempatan untuk berlibur di Jepang gratis??! Caranya mudah, klik banner dibawah ini untuk mencari tahu lebih banyak 😉

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

 

Referensi:

Okinawa

http://www.jalan2kejepang.com/destinasi/okinawa

Naminoue Shrine in Naha 波上宮 Okinawa

http://www.kyotodreamtrips.com/2013/01/18/naminoue-gu/

http://www.japantimeline.jp/id/okinawa/naha_city/shuri_castle/

http://www.kyotodreamtrips.com/2013/01/18/naminoue-gu/http://oki-churaumi.jp/en/guide/haisai.html

http://www.japan-guide.com/e/e7109.htmlhttp://www.japan-guide.com/e/e7120.htmlhttp://www.japan-guide.com/e/e7115.html

http://www.jepang-ku.com/kuliner-khas-okinawa-sajian-yang-belum-pernah-anda-temui-sebelumnya/

https://www.facebook.com/notes/nydya-ami/mengenal-makanan-khas-okinawa/10151304045265706/

http://www.traveller.com.au/secrets-of-the-island-100-club-22yev

http://www.tsunagujapan.com/yurigahama-japans-sandbar-from-beautiful-delicate-stars/

http://kawaiibeautyjapan.com/campaign/present-18/track.js

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s