Competition

28th April 2013 (Seleksi AFS)

Well, sebenernya disini gue pengen cerita tentang pengalaman gue pas ngikutin Seleksi AFS 2013 (Sebenernya gue ngambil YES). Kayaknya sih bakal kayak diari, menurut aku… Klo mau baca, silahkan lanjutkan ^_^

 

Emm .. Sebelumnya udah pada tahu AFS kan? Klo blm tahu silahkan browse deh di websitenya .. hehehehe 😀 Seleksi yang pertama ini diadakan tanggal 28 April hari ini. Dimulai dari jam 8 sih sebenernya, tapi karena lokasi jauh yaitu di UI Depok, khususnya FISIP alhasil aku jadi berangkat pagi banget jam 6. Soalnya rumah aku ada di daerah Mampang, JakSel. Udah selesai mandi, sarapan, langsung berangkat. Perjalanannya sih lumayan jauh, hampir satu jam kalo gk salah yaa …
Dan tau apa? Pas dateng di sana, itu anak-anak lain udah pada dateng. Rame-rame lagi sama temen sekelasnya, sedangkan gue … gue … gue sendirian (plak!). Tau deh, anak2 dari tmpat gue kyknya gk ada yg tertarik gitu lah -_-

Terus kakak2nya pada teriak2an, bilang “Bagi yang bermasalah dengan kartu pesertanya, silahkan mengantri”. Ini apa lagi, pikir gue. Eh ternyata, itu cuma buat anak2 y sebelumnya blm registrasi ulang -_- Payah (PLak!). Ya udah, krn gue udah dapet cap sama tanda tangan sebelumnya, gue langsung masuk aja ke kelas. Di situ tuh.. aduh .. padat merayap deh pokoknya. Tapi kayaknya yang ikut tahun ini lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya. Klo tahun lalu itu sampe 1500 anak, tapi yg tahun ini jadi 900 an gitu lah.

Udah kan tuh, pas tau2 sampe di dpn kelas satu2nya yang gue rasain adalah-> Gue kyk anak ilang! Astaga… yang lain pada bertiga, atau malah segerombol gitu. Dateng dari satu skolah yang sama. Dan ya, gue sendirian. Menyedihkan deh pokoknya. Habis gitu anak2 pada masuk ke kelas, ya udah gue ikut2an. Nyari2 temat duduk, terus gue nungguin tesnya di mulai. (Gue bahas nih soal2 tesnya)

Habis nungguin 20 menit’an gitu, kakak pengawasnya dateng. Bawa soal yang masih di segel. Terus di bagiin ke anak2. Peraturan yang pertama sih, gk boleh mulai sebelum peluit di bunyiin. Sama gk boleh nyontek lah. (Lagian klo kertas ulangan udah di bagiin, percuma mau tolah-toleh. Lo gk bakal bisa nyontek. Karena apa? Klo lo daftarnya sama temen lo, meskipun berurutan, tetep duduknya di acak. Jadi di samping kanan kiri belakang depan lo itu adalah seorang ‘stranger’)

 

Tes pertama -> Tes Pengetahuan Umum

Wah udah deh, buat yang satu ini gue udah hampir persiapan dari 3 minggu sebelum tes. Tapi ya gitu, karena bnyk tugas, jadwal yg udah di bikin gk pernah terlaksana (wakakak). Kunci buat tes ini cuma satu, lo harus tau apa yang terjadi di sekitar lo. Oh iya, satu lagi. Karena AFS itu negara tujuannya banyak, maka tentang negara2 itu aja ygn lo pelajari (tapi gue lupa satu ini, jadi tadi gk bisa ngerjain beberapa soal -_-). Kayak Amerika, Swiss, Jepang, Korea, dll. Klo menurut gue sendiri sih sebenernya yang keluar soalnya beda dari tahun ke tahun. Dan cakupannya itu luas bangeet.Apa yg gue pelajarin itu gk ada yg keluar. Bete kan gue jadinya? -_- Klo bingung mau mulai dari mana, lo mending baca RPUL aja. Itu disitu kan ada semuanya. Jadi enak. ^_^

 

Tes kedua sama ketiga, gue tulis di postingan selanjutnya aja ya..

Udah malem soalnya, takut klo kna marah gara2 tidur kmaleman 🙂

Konbawa…

Leave a Reply

