Competition · Kesehatan

Membangun #IndonesiaMeleKesehatan dengan Envi-Health News

Pada tahun 2014, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 82 juta pengguna dan Indonesia merupakan nomor 8 pengguna internet terbanyak di dunia1. Secara demografis, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh remaja dan dewasa. Menurut Kominfo, sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lainnya merupakan hal yang paling banyak di akses2. Hingga saat ini, pengguna internet melalui ponsel pintar berbasis android telah mencapai 124 juta pengguna dan telah menyumbang keuntungan kas negara hingga  14 Triliun dari berbagai provider selular. Dalam enam tahun terakhir, perkembangan sosial media menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari angka pertumbuhan jumlah pengguna sosial media dalam grafik di bawah ini3.

slide-indo-1

Web 2.0 dan sosial media merupakan wadah kreasi, modifikasi, dan disribusi hampir seluruh tipe konten digital yang dapat membawa perubahan sistem sosial dan ekonomi. Disamping itu, sosial media telah terbukti memiliki kekuatan tersendiri untuk menyatukan individu-individu dengan minat yang sama, menyediakan wadah dan memberikan dukungan kepada komunitas tertentu untuk dapat berkoordinasi secara virtual (Wilson dan Peterson dalam Fieseler, C., Fleck, M. 2013)4. Sayangnya, potensi ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh banyak pihak di Indonesia untuk dapat meningkatkan pengatahuan masyarakat di berbagai bidang, khususnya kesehatan lingkungan. Saat ini belum banyak website dan akun sosial media kesehatan lingkungan yang mampu memberikan informasi dalam bentuk menarik, menggunakan desain grafis yang menarik, menyajikan konten dengan bahasa yang mudah di mengerti, maupun menggunakan rujukan yang kredibel, sehingga banyak pula masyarakat yang menggunakan blog pribadi sebagai acuan dalam menambah wawasan karena bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh orang awam, meskipun kebenaran informasinya belum tentu benar. Untuk mengatasi hal ini, saya sempat berpikir: kenapa bukan saya yang memulai untuk membuat platform media informasi kesehatan lingkungan yang terpercaya?

Membuat media informasi pioneer dalam bidang kesehatan lingkungan merupakan salah satu cita-cita saya karena belum banyak mahasiswa rumpun kesehatan yang  menuangkan ilmu mereka dalam bentuk tulisan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan memiliki kemampuan menulis yang cukup dan pengetahuan mengenai ilmu kesehatan lingkungan, kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk hal yang bermanfaat? Maka dari itu, saya memiliki ide untuk membuat website dan akun sosial media untuk mengulas tentang kesehatan lingkungan. Pasti pembaca akan betanya-tanya, kesehatan lingkungan sendiri itu apa ?

Kesehatan lingkungan adalah ilmu yang mempelajari proses kejadian atau fenomena penyakit yang terjadi pada sebuah kelompok masyarakat, yang berhubungan, berakar (bounded) atau memiliki keterkaitan erat dengan satu atau lebih komponen lingkungan pada sebuah ruang sehingga masyarakat tersebut bertempat tinggal atau beraktivitas dalam jangka waktu tertentu (Fachmi, U. 2009). Setiap hari disekitar aktivitas sehari-hari manusia tidak terlepas dari lingkungan, contohnya adalah bahaya dari bisphenol-A (BPA) saat menggunakan plastik, polusi dari kendaraan motor saat berada di jalan, dan penyakit akibat air yang terkontaminasi. Salah satu target dari PBB yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDG) adalah “substantially reduce the number of deaths and illnesses from hazardous chemicals and air, water and soil pollution and contamination5, yang berarti secara berkelanjutan mengurangi jumlah kematian dan penyakit yang disebabkan karena bahan kimia dan udara yang berbahaya, serta air dan tanah yang tercemar. Dikarenakan banyaknya faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat, maka diperlukan adanya intervensi yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai potensi bahaya penyakit di lingkungan dengan cara yang menarik dan efektif, salah satunya dengan dengan memanfaatkan teknologi seperti website dan sosial media.

SS2.png

Nama media informasi kesehatan lingkungan yang saya buat bersama teman-teman dari departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI adalah Envi-Health News. Dalam Envi-Health News, kami memberikan berita tentang kesehatan lingkungan yang kami sadur dari jurnal penelitian terbaru, ulasan mengenai mispersepsi masyarakat mengenai kesehatan, serta tips dan trik terkait hidup sehat. Harapan kami dengan adanya media informasi ini, kami dapat membantu menyebarluaskan pengetahuan mengenai kesehatan lingkungan ke banyak masyarakat melalui sosial media (Instagram), meluruskan persepsi masyarakat mengenai kesehatan melalui konten yang mudah dipahami dan menggunakan literatur valid, serta menjadi pioneer dalam menjadi rujukan informasi kesehatan lingkungan di Indonesia. Apabila masyarakat dibekali dengan informasi kesehatan lingkungan yang tepat dan kredibel, maka bukan tidak mungkin bahwa #kitabisa turut aktif berpartisipasi dalam mewujudkan target ketiga SGD.

This slideshow requires JavaScript.

Referensi

  1. KOMINFO, P. (2014). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. [online] Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Tersedia di: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker .
  2. Statistik.kominfo.go.id. (2014). Aktivitas Utama dalam Mengakses Internet pada Tahun 2014. [online] Tersedia di: http://statistik.kominfo.go.id/site/data?idtree=424&iddoc=1466&data-data_page=2 .
  3. Steven, M. (2014). Statistik pengguna internet di dunia dan Indonesia (slideshow). [online] Id.techinasia.com. Tersedia di: https://id.techinasia.com/statistik-pengguna-internet-di-dunia-dan-indonesia-slideshow .
  4. Fieseler, C. and Fleck, M. (2013). The Pursuit of Empowerment through Social Media: Structural Social Capital Dynamics in CSR-Blogging. Journal of Business Ethics, 118(4), pp.759-775. Tersedia di: http://link.springer.com/article/10.1007/s10551-013-1959-9
  5. Sustainabledevelopment.un.org. (2016). Sustainable Development Goal 3: Ensure healthy lives and promote well-being for all at all ages. [online] Tersedia di: https://sustainabledevelopment.un.org/sdg3 .
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s