13rd April 2017 (Madness Week part 2)

Disclaimer:

Tulisan ini dibuat bukan untuk memojokkan, menjatuhkan, atau justru memperburuk citra seseorang. Tulisan ini semata-mata dibuat hanya untuk melepaskan stress dan sebagai curahan hal-hal yang mengganggu pikiran saya beberapa minggu terakhir ini. Apabila anda merasa sebagai David, mon maap, saya ga ada maksud untuk menyinggung perasaan anda. Justru tulisan ini sebaiknya anda gunakan sebagai bahan evaluasi diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik (anjayy). Sekian. Tulisan ini bakalan panjang kayak cerpen dan kata temen si, banyakan dramanya. Kalo mau tetep baca, sok atuh. 

Sebelumnya, disini akan ada beberapa orang yang terlibat (nama di samarkan), ada gue sebagai pemeran utama (ibarat Anna-nya Frozen, wkwkwk), David (ibarat si Hans-nya Frozen, wkwkwk), KatieHolmes, Sherlock (temen satu UKM gue, ibarat Olaf; Kuda yang di Frozen? Aha Kristoff; dan kang jualan sayur di tengah salju (?)), Christine (sohib di kampus gue, yaa ibarat si Elsa) dan Barnie (sohib SMA gue, ibarat siapa ya?). Sesuai janji gue, kelanjutan cerita pas gue lagi di Makassar akan gue lanjutin di post berikutnya (yaitu disini, hehe).

Kamis, 13 April 17

Jadi kamis ini gue berangkat ke Bandara jam 3 an (yaa, literally belum tidur, belum makan juga meski Katie dan Holmes udah ngingetin wakak). Sampe di bandara, David sibuk update ig wakak. Yaudahah ya. Nah selama di pesawat, gue sengaja tidur karena udah capek banget dan ngurang2i ngobrol sama David. Sampe di Makassar jam 8, gataunya LO tercintaku baru nyampe jam 10. Akhirnya kita ngdeprak (?) di depan pintu kedatangan *oke skip.

Setelah dijemput, kita jalan-jalan ke kampusnya nih, di Universitas Hassanudin (unhas). Karena jam makan siang, kita akhirnya melipir dulu ke kantin unhas (milih di kantin karena kalo makan di luar, bayar dewe :(, pelit mode on ). Jujur si .. makananya mostly mengandung tinggi lemak, tapi apalah daya.. yaudah gue pilih Pallu Basa.

pallu2bbasa
Photo taken from Google karena yang gue makan lupa ga di foto :3

Wehehe rasanya si mirip2 kayak empal gentong menurut gue dan lihat … lemaknya :” . Ingin membuat gue segera lari ke gym *lebay*. Selesai makan, gue pergi ke Carref**r buat beli persiapan booth, macam gas, telor, sosis, daun bawang, dan air minum. Nyampe di Wisma, gue beres2 barang, lanjut bikin dekorasi, dan sempet juga ngbahas soal presentasi sama David. Pas lagi TM, keknya gue lagi ga beruntung, karena dapet nomor urut 1 😦  *malem ini belum ada kejadian yang aneh2 hehe :3 *.

Jumat, 14 April 17

Hari jumat, kegiatan Agrifestnya dimulai ni hehe. Di buka dengan bunyiin gong dan tari Empat Etnik *anjay. Kegiatan pertama itu kan penilaian dekorasi, disini eug semacam riweuh sendiri si karena dekorasinya gak meja doang, tapi juga bikin photobooth *ceritanya biar keliatan totalitas.

IMG_6928.JPG
LO tercinta, Ipeh ❤

*sumpah itu pr banget bikin yang buletan2 warna ijo dan orange :(*

Udah selesai nghias, jam 1 penilaian booth mulai *nah ini ni*. Sebelum jurinya dateng, David ni ngasih tau gue: “nanti kalo jurinya dateng, lu kayak presentasi aja” *hmm gue gak ngerti maksudnya apa*. Pas jurinya dateng, gue biarin lah dia yang jelasin *sekalian ngetes sejauh apa dia paham soal produk ini*. EEEEEE GATAUNYA dia literally emang kayak presentasi jir wkwkwk. Dia jelasinnya gini: “… Kalo ibu tahu, Indonesia kan pengimpor gandum terbesar nomor 2 di dunia ya Bu. Nah maka dari itu, ada yang namanya praktik dumping bu. Bla bla bla ….. “. Disini gue udah sempet nyenggol2 dia karena gue tau dia udah terlalu banyak berbicara 😦 . Tapi tetep aja dia masih nglanjutin jelasin (presentasi), sampe akhirnya ibunya bilang: “oke oke. Saya sudah mengerti” … :”) . Setelah itu, ibunya ngasih masukan soal produk, jadi kita kayak yang kemasannya kurang menarik dan seolah-olah di kemas dengan terburu-buru dan terlalu sederhana :((((((( *CEDIH*. Jadi ya emang ini dilemma si, gue dari dulu emang gamau pake banyak2 plastik, makanya produk gue cuma gitu doang. Wkwkwkw. Sempet ngembangin pake kemasan dari limbah pisang, tapi mahal :(((. Jadi yaudah dee~

Setelah jurinya selesai ngasih masukan, dia akhirnya pergi *gue kasih sampel mie semangkok dan cuma di ecek ecek gitu doang, akhirnya dibuang -__-. Gak ngerti dia perjuangan di balik semangkok mie itu gimana 😦 *. Terus si David ni agak memaksa buat ngasih buah tangan ke Juri. Gue sih gak masalah, tapi dia ngasihnya dua 😦 . Kejual aja blm ada, tapi dia ngasih2 aja ke juri. Yaudah deh iya -_-. Nah abis gitu kan gue rapi2 ya di belakang, eh gataunya ada orang lagi nih yang dateng. Satu orang cowo sendirian. Yang sempet gue denger dari belakang, mas nya ini nanya, “mie nya gimana kok bisa kenyal?”. Nah si David nih jawabnya ngaco. Dia jawab, “iya mas, mie kita ini kenyal karena ada tepung singkongnya”. Denger jawaban begitu, masnya pasang muka bingung

2671e0601faf3b43874e061ff665e3e2

Nah gue yang denger kan jadi bingung ya. Ini kalo gue biarin, jangan-jangan dia malah bisa ngaco jelasin produk ke orang. Akhirnya gue keluar dan ikutan pasang muka bingung gitu ke dia wkwkwkwkwk. Baru deh gue jelasin ke masnya, “iya mas, jadi mie kita ini kenyal karena ada telor dan cmc ….”. Disini wajar dong kalo gue kesel karena dia asal jawab. Eh bukannya minta maaf, dia malah ngambek ke gua. Dia bilang, “kalo gue salah jangan malah di jatohin, tapi di bantuin” *HMMMMMM*. Karena gue kondisinya lagi capek, akhirnya dia pergi ke belakang dan gue udah yang kayak bodo amat. Gue gak ngerti kenapa dia harus berbohong untuk membuat produk ini terlihat bagus. Gak lama setelah dia pergi, ada chat masuk dari Barnie. Ternyata di David ini curhat sama si Barnie soal kelakuan gue wkwkwk.

LINE_P2017421_190217.jpg

Bahkan si Barnie sampe terpelatuq *tapi emang wajar si ini wakakak*. Yaudahlah akhirnya Barnie memutuskan untuk bilang ke David biar mengesampingkan masalah soal itu karena lagi lomba *masih on going woooyyyy lombanya*. Akhirnya gue kan merasa kesepian dan pusing ni ada masalah begini, lari lah gue ke Christine :3 *bahagia gue, masih ada yang mau dengerin keluh kesah gue wkwk*. Capek ngomongin soal David mulu, gue akhirnya nyanyi aja lah sama temen baru dari IPB uhuuyy.

IMG_6997.JPG

Akhirnya pukul 5, dekorasi kudu di beres2in hehehe. Eh David muncul lagi nih bantuin *yaiyalah. Kalo gak bantuin mah, gue jitak*. Terus sambil nunggu mobil jemputan dateng, dia menyampaikkan uneg-uneg dia. Yaa gue dengerin aja lah dan iya iya in aja. Dia bilang kalo gue itu keras kepala, strict banget, gamau dengerin orang, ga membangun justru menjatohkan orang, gak terbuka dengan saran orang lain, gatau apa2, sok tau, gabisa ini, ga bisa dengerin dia, dan hanya berpaku pada pengalaman tff gue doang *yang di Swiss dan gak ada artinya itu. Iya sampah. Gue tau gue kalah. Pengalaman gue di TFF gak ada artinya emang kalo di banding sama pengalaman presentasi lu yang bejibun :)*. Dan anehnya, dia bilang kayak gitu ke gue, tapi pas gue mau ngasih saran atau masukan ke dia, dia yang kayak gak mau dengerin. GAUSAH NGOMONG! GUE PENGEN BANGET KASIH CERMIN KE MUKA DIA DEH. Heran kenapa ada manusia kayak begitu. Bodo amat gue sama dia. Gimana gue gak keras kepala, orang dia maksain buat ngjelasin yang salah ke orang biar produk ini keliatan bagus? Gimana gue gak strict, kalo temen2 gue di UB bilang kalo presentasi ya sesuai time limit, tapi David maksa buat dibikin lebih? Kalo timing emang cuma 5% (seperti yang David bilang), ngapain orang strict bgt sama waktu bos? 🙂 Ahhh gatau lagi dah. Kalo gue diminta manut manut aja kayak temen2 PKMnya David *yang selalu disebut-sebut*, sorry gue ga bisa. Kalo manut ngikutin yang bener mah, oke gua. Ini DIA MAKSA GUE NGIKUTIN YANG SALAH wkwk. Pas dia bilang “lu sana deh sama kelompok lain”, gue pengen ketawa aja si. Emang dari awal niatnya lomba ini gak di lanjutin, eh pas mediasi aja si David jadi baik dan gue kemakan omongan. Cialan :v. Gataunya ujung2nya ngeselin juga. Bahkan kata si Christine, kalo lu ngomong apa2, mending gausah gue tanggepin biar gue ga capek hati 😉 .

Yaudah lanjut *maaf ya hari jumat curhatnya panjang*. Sepulang dari booth, akhirnya kan fokus buat bikin ppt eaa. Lagi-lagi cek cok *mungkin penjaganya David tidak cocok dengan gue, makanya kita berantem mulu wkwk*. Yang bikin ge kesel adalah David ini maksain mau presentasi lebih dari waktu yang di tentukan. Dan anehnya, dia mau jelasin latar belakang doang dalam waktu 3 – 4 menit. Padahal kalo gue liat presentasi2 Startup di youtube, latar belakang mah singkat aja yang penting masalah yang mau diselesaikan itu JELAS. Cukup kasih data aja dan jelasin impactnya terhadap society, udah. Ini, pengennya 3 menit latar belakang, masih di tambah video 😦 . Udah gitu, bagian pentingnya, cuma di kasih 5 menit, terus dia mau nambah video promosi *gue sendiri sebenernya agak kurang srek sama video yang setengahnya gue buat ini, karena ya emang kurang menarik karena editan gue b aja*. Tapi ini David maksain banget :” . Yaudahlah akhirnya setelah berdiskusi panjang , kita sepakat kalo nanti presentasinya cepet, video boleh di play. Ok lanjut.

Terus, yang gue ga paham lagi, si David ini minta bagian ppt nya ga diubah samsek *katanya bakal mempengaruhi psikologis dia*. Tapi tu … ga gini juga desain ppt nya :(((((((( . Menurut gue, david perlu ambil kelas MPKT B di FKM *bersama bu Titoh* atau ikut kelanya bu Zakianis deh. Serius. Ini udah background nya gelap, tulisannya kecil,  warnanya juga beberapa ada yang gak match sehingga ppt nya jadi aneh. Bahkan respon temen2 gue yang liat desain ppt David tu .. pen nangis ;((( . Ada sih yang ketawa, ada juga yang bilang matanya capek, dsb hehehe. Gue kan gabisa banget ngikutin desain ppt kayak gitu, mana footernya item dan biru ye kan … sesuai warna makaranya David haha. Akhirnya sesuai saran roomate gue dari Unpad, mending background nya di ganti sama gambar pertanian (atau gandum). Hamdallah pemirsa, David mau ppt nya di ganti wkwkwk. Udah ya ni, dia brb bobok sedangkan gue nglanjutin bagian gue *padahal dari awal lolos, gue udah bagi2 kerjaan. Dia bikin ppt, gue bikin dekor. Yang gue maksud ppt adalah ppt dari a – z, literally dari latar belakang, produk, keunggulan produk, analisa keuangan, analisa gizi, dsb. NAH KOCAKNYA, DAVID INI CUMA BIKIN LATAR BELAKANG DENGAN HASIL PPT MACAM ITU. Ekspektasi gue terlalu tinggi rupanya pemirsah*. Akhirnya malem itu, gue begadang bikin ppt sama bikin pitching *Hamdallah di temani Katie, Holmes, dan Sherlock*. Niatnya si ga tidur, jadi abis bikin ppt, gue mau latihan presentasi, tapi apalah daya .. mata gue terlalu capek karena banyak begadang. Sedangkan David jam 10 an udah bobo, gue jam 3 baru bobo *iya, tidur sekamar sama dia. Iya gue tidur di kakinya dia*.

Yaa intinya pas hari sabtu, presentasinya lancar *hamdallah waktunya abis dan panitia ngcut presentasi, jadi video gak sempet ke play*. Karena respon juri sangat positif, gue akhirnya terbawa tuhh setelah presentasi jadi seneng bgt *meskipun akhirnya gak menang juga*. Pas sore seru si, Eug jadi tukang mie beneran *finally ada yang order!* #terharu.

IMG_7143.JPG
Uhuy ada bule order ❤

Malemnya kita makan mie Awa, semacam mie kering gitu tapi pake kuah wkwk.  Minggunya, kita jalan-jalan ke Rammang-Rammang, semacam hutan bukit batuan gitu *yaa ngaret ugha si :(, but that’s ok*. Udah dehh~~~

Dari pengalaman lomba ini, ada beberapa hal yang gue pelajari:

  1. Kalo lu suka sama orang, janganlah bawa-bawa dia ke dunia profesionalitas lu. Baik itu lomba, baik itu soal bisnis, kerjaan, pokoknya jangan. Pada akhirnya kalo lu berantem, everything will be aneh dan lu sendiri yang akan merasa gak nyaman wkwk.
  2. Kalo mau ngerjain projek yang cukup gede *takes time, need money cukup banyak*, jangan asal ajak orang. Kalo bisa, kerjain projek tuh sama temen-temen yang udah lu kenal banget, jadi biar kalo ada apa2, lu bisa mitigasi sedini mungkin. Misal lu udah tau banget temen lu itu suka tidur, jadi pas proses ngerjain lomba mungkin lo bisa spam atau sering ngerjain lombanya ya di rumah temen lu itu, biar dia juga banyak partisipasi (?).
  3. Jangan berekspektasi yang tidak tidak terhadap seseorang yang baru lu kenal. Iya lu baru kenal dia, gausah sok tau.
  4. Sesuai dari perkataan David, dalam tim kudu ada yang namanya saling menerima dan memberi masukan *anjay*. Jadi ada yang namanya komunikasi dua arah. Holmes pernah bilang ke gue kalo 70% masalah itu bisa diselesaikan dengan komunikasi. Maka berbicaralah!

Akhir kata, selesai sudah curhatan soal lomba gue di Makassar bulan April ini. Maap kalo banyak kata-kata yang tidak berkenan. Wassalamualaikum wr, wb.

IMG_7364.JPG

Advertisements